Categories
Uncategorized

3 Cara Cerdas Merawat Genset Mini

Genset jenis apapun yang Anda beli, baik itu genset mini, genset standby dan genset-genset lainnya, pasti tetap harus dirawat dengan baik. Tidak peduli semahal dan sebagus apapun kualitas suatu genset, jika tidak dirawat dengan cara yang tepat, maka tidak akan pernah bisa bertahan dalam waktu yang lama. Lantas, bagaimana cara merawat genset yang baik dan benar? Ini ulasannya!

Tips Merawat Genset Mini

Ketika Anda melakukan perawatan genset mini terbaik, setidaknya terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan, yaitu pengecekan umum, pengecekan dan perbaikan standard an yang terakhir yaitu perbaikan dari sistem kerja genset tersebut. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Pengecekan Umum

Pada tahan pengecekan umum, Anda bisa mulai dari fisik genset tersebut lebih dulu. Misalnya membersihkan bagian yang mudah terkena korosi, lalu mengeringkan bagian yang baru terkena air, melakukan pengecekan pada tutup tangki bahan bakar, panel atau tombol start dan jangan lupa juga bersihkan bagian luar yang lain. Namun jika butuh diganti, maka jangan lupa diganti.

Pengecekan dan Perbaikan Standar

Pada tahap kedua ini, Anda sudah mulai melakukan perbaikan, dimana perbaikan yang dilakukan akan berdasarkan pada bagaimana kondisi genset pada saat itu, namun pada tahap ini belum masuk ke bagian komponen utama mesin. Setidaknya, Anda harus menyalakan genset dalam waktu 3 atau 6 bulan sekali walaupun tidak digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah mesin agar tidak macet. Biasanya, genset yang memiliki ukuran 10-50KVA harus diperhatikan dengan baik alur cerobong gas buangnya. Jangan sampai mengalami kebocoran yak arena akibatnya tidak main-main.

Memperbaiki Sistem Kerja Genset

Lalu kemudian tahap terakhir ini, Anda bisa menggunakan tenaga ahli yang lebih paham. Misalnya, dari cara sistem kinerja mesinnya, ada beberapa tipe atau jenis yang bisa disamakan dengan prinsip kerja mesin motor, tetapi juga harus diperhatikan hubungan antar satu komponen dengan komponen yang lain. Jika Anda sampai salah membuka atau melepas komponen, biasanya akan mengakibatkan kerusakan hingga ledakan. Jadi, daripada hal tersebut terjadi, lebih baik menggunakan tenaga ahli yang lebih paham.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara perawatan genset mini. Ketika sedang melakukan perawatan, tetaplah berusaha untuk berhati-hati ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *